7 November 2009

Berpikir Positif


Bila sesuatu dimulai dengan pikiran positif maka niscaya hal tersebut tidak terasa akan dengan mudah kita lalui dan tidak menjadi hal yang sia-sia dalam menentukan tindakan. Seseorang yang selalu berpikiran negatif mereka adalah orang yang cenderung orang yang selalu dihinggapi rasa khawatir terus-menerus dan selalu mencari jawaban atas pertanyaan yang ada dalam dirinya


Cobalah untuk melihat segala sesuatu secara positif dan ikhlas dalam melakukan pekerjaan sehingga hidup akan terasa ringan serta membangkitkan suasana hati anda. Agar anda bisa mempertahankan pikiran positif serta terhidar dari intrik atau persinggungan dalam dunia kerja, ada beberapa cara untuk menjaga sikap tersebut.

Perilaku merupakan langkah awal karena lensa untuk membuat anda belajar dari pengalaman hidup dan kemampuan sebenarnya. Intropeksi kembali perilaku yang pernah anda lakukan. Perlakukanlah orang dengan baik dan penuh hormat, karena mereka punya perasaan dan perspektif yang berbeda serta harus dipertahankannya.

Mulailah untuk tidak membanding-bandingkan orang lain tetapi cobalah untuk mendapatkan pengalaman serta keberhasilan untuk diri anda sendiri. Membandingkan keberhasilan oranglain dengan diri sendiri akan membantu anda berintropeksi serta meningkatkan kemampuan diri.

Jangan menghindari tantangan atau sering berdalih tentang sesuatu hal yang tidak perlu. Kerjakan saja tanggung jawab anda dan perbaiki kesalahan yang pernah dilakukan serta belajar dari kesalahan. Tak perlu menyalahkan diri dan meratapinya, tetapi perbaiki, jalani lalu selesaikan. Tetapkan batasan sehingga anda tetap menjaga prinsip, harga diri, keberadaan serta kejujuran anda. Saat menghadapi masalah berat, perasaan buntu atau sering menunda pekerjaan, sebaiknya harus anda mulai menghormati waktu. Karena waktu adalah sesuatu hal yang berharga yang anda miliki.

Buatlah daftar yang harus dicapai serta daftar harian yang dilengkapi dengan batasan waktu. Sehingga anda bisa berhasil mencapai apa yang ingin anda harapkan.

Perhatikan orang sekitar yang sering anda temui serta berinteraksi setiap hari. Hargai kontribusi mereka tetapi jangan pernah berharap ucapan terima kasih dan mendapat bantuan tetapi bersikaplah ramah untuk berinteraksi dengan anda.

Nikmati hal-hal kecil yang terjadi setiap hari, mungkin dengan memuji rekan kerja atau senyum kepada pelanggan atau customer. Meski terkesan hanya kegiatan rutin, tetapi justru menandakan bahwa anda telah mengerjakan tugas dengan baik.

Melihat apa yang anda kerjakan hari ini adalah yang terbaik yang bisa anda lakukan dan jauh lebih bermanfaat dari sekadar menjalani hari-hari sebagai rutinitas semata. Yakinlah bahwa apa yang anda yakini ini sehingga cepat atau lambat hasilnya akan anda rasakan. Semakin baik hasil kerja yang bisa anda berikan, maka semakin tinggi rasa hormat orang lain pada diri anda.

0 komentar: