24 Oktober 2009

Cara Membuat Avatar


Terkadang ada sobat blogger yang ingin identitasnya diketahui dan ada yang tidak. Mungkin hal tersebut sesuai dengan keinginan diri masing-masing. Namun bagi yang narsis, ada kesempatan meyebarkan foto gantengnya, kita tinggal membuat foto kecil yang dapat kita jadikan juga sebagai link alamat blog kita.
Pastinya tidak rugi donk memasang foto tersebut. Nah foto kecil tersebut lebih dikenal dengan nama avatar. Masih bingung? Baik, akan saya beri contoh penggunaannya,


Banyak jalan menuju Roma, mungkin hal tersebut juga sesuai dengan cara membuat avatar. Banyak cara membuat avatar, banyak situs juga yang dapat membantu kita membuat avatar. Biar gak tambah pusing. Langsung aja kita mencoba membuat avatar kreasi kita sendiri. Kali ini saya akan menggunakan Gimp. Karena gambar yan gakan dihasilkan nanti tidak lebih dari 3kB. Menarik bukan?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Gimp telah siap digunakan.
2. Jika layer kerja telah aktif masukkan gambar yang akan diedit.
3. Klik rectangle tool lalu centang fixed dan pilih pilihan size dan isi ukurannya dengan ukuran 198x198.hal tersebut bertujuan agar ketika kita menyeleksi ukurannya langsung otomatis terseting 198x198. setelah itu tekan enter.
4.Sesuaikan ukuran gambar agar pas untuk d potong menjadi agak kecil, dengan klick image-scale image. anda tinggal menyesuaikan ukuran pixel agar pas dan tepat.setelah terseleksi pastikan lagi gambar anda telah terseleksi
5.Setelah gambar sudah terseleksi klik edit - Copy.
6.Buka lembar ketrja baru lagi dan isi width:198, hight:198. klik ok
7.Klik edit - paste untuk menampilkan kembali hasil seleksi yang telah kita copy.
Kedelapan, tambahkan border dengan cara klik Filter - decor - add border lalu isikan ukuran 1 x1 dan pilih warna border.
8.Lalu pilih save as untuk menyimpan avatar kita.
9.Avatar telah jadi dan siap untuk dipamerkan..


0 komentar: