21 November 2009

Kemana Sampah Pergi?


Setiap minggu, truck sampah memungut sampah dari rumah kita dan membawanya ke penimbunan tanah. Penimbunan tanah wujudnya berupa lubang-lubang besar di tanah. Truck-truck sampah menuangkan sampah ke dalam lubang semacam itu. Lalu buldoser-buldoser menimbunnya. Orang tak suka tinggal dekat dengan penimbunan. jadi, di beberapa kota, orang membakar sampah mereka. Mereka memakai sebuah oven raksasa yang disebut tungku pembakar.


Di banyak negara, truck sampah datang sekali seminggu untuk memungut sampah. Para petugas pemungut sampah menuangkan isi tong sampah kedalam truck. Di situ sampah dimampatkan sehingga truck bisa menampung sampah lebih banyak. Truck-truck itu kemudian membawa sampah ke lokasi-lokasi penimbunan sampah.

Banyak lokasi penimbunan tanah merupakan bekas lubagn penambangan. Di disitulah truck sampah menumpahkan muatannya, lalu buldoser merapikannya dan menimbunnya dengan tanah agar tidak terbang tertiup angin. Penimbunan-penimbunan tanah modern bahkan dilengkapi dengan pembatas plastik untuk mencegah kebocoran zat-zat kimia beracun ke dalam tanah.

0 komentar: