22 November 2009

Sampah Bisa Membusuk Nggak Ya?


Beberapa jenis sampah, seperti kulit buah dan sayuran, membusuk dengan mudah. Sampah jenis ini kita sebut sampah yang terurai secara biologi. Logam-logam seperti besi dan baja bisa berkarat. Logam-logam tersebut memakan waktu lama untuk terurai menjadi pecahan kecil-kecil. Kaca dan plastik tidak membusuk. Kedua bahan tersebut bisa bertahan sampai ratusan tahun dalam lubang penimbunan tanah.


Bangkai binatang dan tumbuhan mati dapat menjadi makanan bagi makhluk hidup lainnya. Di alam, segala sesuatu didaur ulang. Tumbuhan mati dan bangkai binatang menyediakan makanan bagi makhluk-makhluk hidup seperti cacing tanah, jamur, dan bakteri-bakteri kecil. Gizi (mineral) dalam tumbuhan dan binatang yang membusuk, kembali lagi menjadi tanah. Dalam prose situ, mereka membantu tanaman lain untuk tumbuh. Kita menyebut kejadian ini sebagai pemupukan terhadap tanah.

Kotoran ternak membantu tanaman-tanaman tumbuh, namun bisa mencemari (mengotori) sungai. Para petani menaburkan kotoran ternak dan limbah tumbuhan di ladang-ladang mereka untuk menyuburkan tanahnya, sehingga tanaman-tanaman mereka tumbuh subur. Namun, jumlah limbah alami yang terlalu banyak bisa menyebabkan polusi. Jika gumpalan-gumpalan kotoran ternak menjadi berair dan merembes masuk ke kolam-kolam atau sungai-sungai, kehidupan dalam air bisa terancam.

0 komentar: